Aneka Macam Jenis Mikroskop Dan Penjelasannya

Jual Mikroskop Digital – Mikrsokop adalah salah satu jenis alat penunjang laboratorium. Fungsi mikroskop adalah untuk melihat benda dengan ukuran yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Mikroskop memiliki banyak jenis. Berdasarkan jumlah lensa okulernya mikroskop terbagi menjadi tiga jenis. Mikroskop monokuler, Binokuler dan Trinokuler. Berdasarkan pencahayaanya, mikroskop memiliki dua jenis yaitu mikroskop digital dan mikroskop cahaya. Ingin tahu lebih lanjut tentang jenis – jenis mikroskop ? Silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Pengertian dan Fungsi Mikroskop

Sekilas telah dibahsa secara global apa yang akan kita bahas dalam artikel singkat ini. Pertama kita akan membahas pengertian mikroskop. Mikroskop adalah alat optic yang berfungsi untuk pengamatan benda yang berukuran kecil atau disebut mikro. Oleh sebab itu benda ini dinamakan mikroskop karena berfungsi untuk melihat benda – benda dengan ukuran yang sangat kecil.

Secara umum fungsi pengertian mikroskop adalah dengan menjelaskan fungsinya. Sehingga dengan menyebutkan pengertian mikroskop kita telah menyebutkan juga fungsi mikroskop tersebut. Fungsi utama mikroskop adalah untuk pengamatan benda – benda yang berukuran kecil untuk dapat dilihat dengan mata. Seperi memeriksa sel darah, sel sperma, sel daun dan juga untuk memeriksa tekstur bebatuan pada mikroskop geologi.

Jenis – Jenis Mikroskop

Dimuka juga sedikit telah dibahas mengenai jenis – jenis mikroskop. Sebenarnya jenis mikoskop amatlah banyak namun pada dasarnya dapat kita kelompokan menjadi bebrapa jenis yang paling banyak orang mengenalnya.

Mikroskop Monokuler, Binokuler dan Trinokuler

Pembagian mikroskop diatas berdasarkan dari banyaknya lensa okuler yang dimiliki sebuah mikroskop. Monokuler adalah jenis mikroskop yang memiliki satu buah lensa okuler, binokuler adalah mikroskop yang memiliki dua lensa okuler sedangkan mikroskop trinokuler merupakan mikroskop yang memiliki tiga lensa okuler. Masing – masing memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melihat benda ukuran kecil namun fiturnya berbeda. Masing – masing jenis mikroskop ini memiliki keunggulan masing – masing.

Mikroskop Cahaya dan Mikroskop Digital

Jenis mikroskop ini didasarkan pada sumber pencahayaan. Kita semua tahu bahwa kita tidak dapat melihat benda tanpa adanya cahaya atau sinar. Sama halnya dengan mikroskop, benda yang kita lihat harus mendapatkan cahaya yang cukup untuk dapat kita lihat. Mikroskop cahaya adalah jenis mikroksop yang memperoleh cahaya dari luar, yaitu cahaya matahaari atau cahaya lampu yang terang. Mikroksop ini dilengkapi dengan cerim untuk memantulkan cahaya ke arah objek yang diamati.

Mikroskop digital merupakan mikroskop yang memiliki sumber cahaya sendiri yaitu berupa lampu halogen atau LED yang berada di bawah objek. Mikroskop jenis ini dapat digunakan kapan saja selama ada sumber listrik yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu. Hraga mikroskop ini juga lebih mahal dibandingkan dengan mikroskop cahaya. Anda dapat membeli mikrokop di toko alat optic yang jual mikroskop digital dengan harga murah dan spesifikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Mikroskop geologi sebenarnya merupakan dalah satu jeni mikroskop diantara jenis diatas. Hanya saja mikroskop ini biasanya dilengkapi dengan polarisator. Hal ini dikarenakan mikroskop geologi biasanya digunakan untuk melihat tekstur tanah atau bebatuan sehingga dibuthkan polarisasi cahaya yang baik untuk menghasilkan gambar yang tajam dan jelas.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi singkat tentang jenis – jenis mikroskop ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *