Media Belajar Internet Gratis

Mari belajar mandiri dan Salurkan Hobimu melalui media internet

Home - Liburan - Asal Usul GOA PINDUL Jadi Tempat Wisata

Asal Usul GOA PINDUL Jadi Tempat Wisata

Posted on January 16, 2017 in Liburan

Goa Pindul Wonosari GunungkidulGoa Pindul merupakan objek wisata yang ada di Indonesia saat ini dimana namanya bertebaran di iklan yang ada di internet yang menawarkan jasa reservasi untuk berwisata ketempat ini sehingga orang akan dengan mudah mendaptkan info mengenai objek wisata ini.
Sebelum kita berjalan dan menikmati objek wisata tempat ini sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai asal usul dan sejarah singkat objek wisata ini, Goa Pindul ini merupakan Goa Pindul yang terletak di desa bejiharjo kabupaten gunungkidul, Goa Pindul dikenal karena cara menyusuri Goa Pindul dengan cara menaiki perahu atau ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah yang ada di dalam Goa Pindul.
Pemberian nama Pindul ini sendiri memiliki arti PIPI dan Kebendul dan disingkat menjadi Pindul karna itu Goa Pindul ini disebut dengan nama Goa Pindul menurut kisahnya, dan Goa Pindul ini sudah ada sejak dulu bahkan mungkin tidak ada orang yang tahu secara pasti kapan Goa Pindul ini terbentuk, tidak ada unsure buatan manusia sedikitpun dalam pembentukan Goa Pindul semuanya terjadi secara alami akibat proses alam yang ada disekitar Goa Pindul inisendiri.
Goa Pindul sebelum terkenal sampai dengan sekarang dulunya merupakan tempat untuk aktivitas warga sekitar untuk melakukan aktivitas sehari-hari mulai dari mandi, mencuci, dan memancing dikarenakan airnya yang jernih dan bersih maka tempat ini dulunya di jadikan warga sebagai tampat untuk aktivitas sehari-hari.
Pada tahun 2010 akhir seluruh aktivitas sehari–hari di Goa Pindul ini dilarang dan Goa Pindul ini secara resmi di buka sebagai objek wisata yang ada dekat dengan gunungkidul. Meskipun demikian Goa Pindul ini masih dianggap sacral bagi warga sekitar dikarenakan dahulu warga sekitar tidak mempunyai alat yang cukup untuk masuk lebih dalam di Goa Pindul ini.
Untuk menuju Goa Pindul dapat di tempuh dari kota Yogyakarta mengunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil melewati kota Wonosari menuju ke utara setelah memasuki desa bejiharjo dan perjalanan diikuti dengan jalan aspal untuk mencapai lokasi ini. Setelah sampai di Goa Pindul kita akan disuguhkan dengan formasi bebatuan stalaktit yang sudah tumbuh sampai bawah dan menjadi seperti pilar dan stalaktit lainya, dan beberapa batuan Karst masih hidup dan meneteskan airnya.
Goa ini terbagi menjadi 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap tidak hanya itu di dalam Goa Pindul terdapat celah yang lebar sebagai pintu masuk dan tempat matahari masuk untuk menerangi sebagian zona Goa Pindul ini. Jadi kalau anda lagi berliburan ke kota Yogyakarta jangan lupa mampir ke tempat ini dan nikmati keindahaan dariGoa Pindul ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *