Media Belajar Internet Gratis

Mari belajar mandiri dan Salurkan Hobimu melalui media internet

Home - Kuliner - Kelebihan Home Industri dibanding Industri yang Lain

Kelebihan Home Industri dibanding Industri yang Lain

Posted on March 9, 2017 in Kuliner

Home industri bahasa indonesianya adalah usaha perumahan. Usaha ini adalah jenis bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal, dimanage dengan kekeluargaan serta tidak perlu membutuhkan aturan dan izin-izin yang ribet dan melelahkan. Cukup buka usaha di rumah, itu sudah bisa disebut dengan home industri. Simpel kan pengertian home industri? Heee

Home industri adalah inti dari semua bisnis, karena hampir semua jenis usaha dimulai dari rumahan. Ingan Bill Gates yang memulai dari garasi rumahnya kan? Ya, Microsoft perusahan besar yang terkenal di seluruh dunia ini dimulai dari 0, alias home industri, dijalankan oleh satu dua orang di garasi rumah dan berkembang pelan-pelan hingga menjadi besar.

Usaha yang dimulai dari kecil terus berkembang pelan-pelan biasanya lebih tahan banting daripada usaha instan yang tiba-tiba disuntik dana segar entah dari investor, dari ngutang, dan masih banyak lagi. Biasanya usaha jenis ini, bisa jadi cepat banget besar, tapi cepat ambruk dan akan menyisakan hutang, kebangkrutan, permusuhan antar pemilik modal dan yang menjalankan usaha.  Semisal usaha startup, banyak banget yang tumbang di tengah jalan, karena venture capital (VC) bisa saja berubah fikiran, sehingga investment mereka cabut dan jalannya startup pun meski distop. Minimal bisa exit sih aman, la kalo dipecat atau dirumahkan. Kan repot

Tentu berbeda banget dengan usaha home industri, ibarat emas, pelan-pelan ditempa, rugi dikit, bangkit lagi, rugi agak banyak, bangkit lagi, untung dikit, sempet pusing, bangkit lagi, untung meningkat dikit, agak was-was, tapi tetap bangkit lagi. Begitu seterusnya, hingga tidak berasa ternyata usaha udah mulai berkembang, karyawan mulai bertambah dari 1, jadi 2, jadi 3. Pelan tapi pasti, sering rugi tapi dikit, untung juga gak banyak-banyak tapi meningkat terus.

Home industri sendiri ada banyak macamnya, semisal home industri makanan ringan adalah salah satu yang diminati banyak orang, karena selain mudah diproduksi juga tidak begitu banyak halangan untuk memulainya. Simpel dan mungkin hampir semua orang bisa melakukanya. Kenapa makanan ringan? Karena semua orang suka ngemil snack, kebiasaan berkuliner ria meniru acara televisi semakin menjamur dimana-mana, sehingga usaha ini makin berkembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *