Penyakit Herpes Genital : Kenali dan waspadai

Apa itu Herpes

Penyakit herpes genital disebabkan oleh virus herpes simplex. Dua jenis virus herpes diidentifikasi: Virus herpes mulut atau HSV 2. Virus herpes genital atau HSV 1. Virus herpes menjangkit dengan memasuki luka kecil pada kulit atau lapisan mukosa. Bila Anda terinfeksi virus herpes, virus akan tinggal tetap di dalam tubuh. Virus herpes tidak akan hidup di luar tubuh Anda. Jadi tidak ada risiko penularan melalui kemitraan guna toilet, handuk atau barang-barang lain yang digunakan oleh orang yang mengidap penyakit herpes.

Tanda-tanda herpes

  1. Penyakit Herpes Simplex Tipe 1

Tanda-tanda herpes yang dapat dilihat adalah ruam, kudis berisi air di dalam mulut atau bibir. Ini diikuti dengan ulkus mulut yang sakit. Tanda-tanda herpes lain adalah demam, gusi bengkak serta merah, selaput putih pada lidah, pembengkakan kelenjar leher dan sakit-sakit otot. Organ mata dan sistem saraf juga dapat terlibat sama. Tanda-tanda herpes ini agak terlambat terjadi, mungkin beberapa hari, minggu atau bulan kemudian.

 

  1. Penyakit Herpes Simplex Tipe 2

Tanda-tanda penyakit herpes simpleks 2 biasanya terlihat di vagina, penis, kerandut penis, punggung dan dubur. Virus herpes ini bisa menjangkit melalui seks oral. Gejala penyakit herpes ini adalah gatal-gatal atau sakit serta ruam di area tersebut. Kadang terjadi pembengkakan kelenjar dan demam. Anda akan terasa sakit saat kencing jika infeksi virus herpes ini menjangkit penis. Ruam ini kadang kala menjadi ulkus. Lelehan cairan atau darah akan keluar dari ulkus tadi. Ulkus herpes genital akan sembuh dalam waktu 2 sampai 4 minggu. Herpes genitalis menular melalui hubungan kelamin tidak aman.

komplikasi herpes

Virus herpes tidak akan menyebabkan komplikasi yang parah selain ruam pada kulit jika menginfeksi individu yang sehat. Penderita HIV dan AIDS dan pasien-pasien yang memiliki sistem pertahanan kekebalan yang rendah akan mengalami infeksi herpes yang lebih parah dan lama. Individu yang mengidap virus herpes genitalis lebih berisiko untuk membawa penyakit-penyakit kelamin lainnya termasuk HIV.

Jika ibu-ibu melahirkan dan mengalami ruam kemaluan disebabkan virus herpes genital, ia dapat menginfeksi anaknya yang baru lahir. Bayi yang terinfeksi akan mendapat komplikasi kerusakan otak, kebutaan atau kematian. Tingkat infeksi mudah terjadi dan lebih tinggi pada bayi bila infeksi herpes aktif pada ibu selama persalinan. tanpa kondom).

Pengobatan penyakit herpes

Oleh sebab penyakit herpes diakibatkan oleh virus, sejauh ini tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Obat antivirus oral seperti Acyclovir (Zovirax), famciclovir (Famvir) dan valacyclovir (Valtrex), digunakan untuk pengobatan gejala penyakit herpes ini. Obat antivirus tersebut dapat membantu menyembuhkan ruam kulit dan mengurangi infeksi ulangan. Risiko infeksi virus herpes kepada pasangan juga bisa dikurangi dengan konsumsi obat oral antivirus.

Pengobatan herpes secara alami juga bisa digunakan dengan menggunakan obat herpes alami yang merupakan produk dari Denature Indonesia. Segera kunjungi website resminya, Anda bisa konsultasi dan order obat herpes yang terbuat dari ramuan tradisional alami berkualitas tinggi.

Pencegahan virus herpes

Selalu lakukan seks dengan aman. Gunakan kondom. Jangan bertukar pasangan. Terapkan seks sehat. Lakukan dengan pasangan sah yaitu suami-istri. Jika terinfeksi virus herpes genital, beritahu pasangan Anda. Tangguhkan aktivitas seks sehingga ruam pada kemaluan sembuh sepenuhnya.

 

Gunakan kondom, jika perlu, untuk mengurangi kemungkinan infeksi virus herpes pada pasangan Anda. Pertahankan sistem daya pertahanan kuat dengan gaya makan sehat, selalu melakukan latihan tubuh dan istirahat yang cukup. Hindari bercium jika Anda sedang terinfeksi virus herpes genital. Hindari berbagi makanan dengan orang yang ada ulkus mulut.

Mengapa penyakit virus herpes dapat kambuh ?

Faktor-faktor yang menyebabkan infeksi berulang: Frekuensi ulangan penyakit herpes berhubungan dengan sistem pertahanan tubuh yang rendah. Sistem pertahanan tubuh rendah terjadi pada:

  1. Nutrisi tidak sehat
  2. Tekanan (stress)
  3. pembedahan
  4. Praktek sek ganas menyebabkan luka pada alat kelamin
  5. Datang haid atau hamil (perubahan hormon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *