Media Belajar Internet Gratis

Mari belajar mandiri dan Salurkan Hobimu melalui media internet

Home - Liburan - Sejarah Terbentuknya Lokomata Tana Toraja

Sejarah Terbentuknya Lokomata Tana Toraja

Posted on May 25, 2017 in Liburan

Menjelajah bumi Toraja merupakan kesempatan yang boleh Anda sia-siakan begitu saja. Di lereng gunung Sesean pada ketinggian kurang lebih 1400 meter di atas permukaan laut terdapat keajaiban alam berupa sebuah bangunan dengan ukiran yang menakjubkan. Tempat ini bernama Lokomata Tana Toraja. Panorama Alam yang begitu mengagumkan di setiap sudut tempat ini. Beragam motif dan warna di setiap pintu-pintu makam yang terlihat menawan. Terdapat puluhan bilik untuk penyimpanan jenazah orang yang sudah meninggal. Semakin tinggi posisi bilik menandakan orang tersebut mempunyai andil penting di desa tersebut. Tak hanya itu, ada bambu berukuran panjang yang dipasang di tepi untuk digunakan meletakkan peti jenazah di tempat makam yang mempunyai level tinggi. Ada sesuatu yang akan membuat Anda terkagum-kagum dengan adanya miniatur tongkonan di depan makam batu besar. Bilik-bilik di cat dengan aneka warna seperti warna kuning, merah, hitam, dan putih. beberapa tanaman liar tumbuh di atas batu yang memeprcantik kehijauan mata.

Awal penemuan Lokomata Tana Toraja berasal dari seorang pemuda yang mengukir batu raksasa di lereng gunung tersebut untuk tempat makam mertuanya yang bernama Pong Raga dan Randa Tasik (I) pada tahun 1480. Setelah itu diukir oleh Kombong dan Lembang di tahun 1675. Sampai sekarang ukiran batu itu terlihat jelas dengan luas kurang lebih 1 hektar dan jumlah lubang sebanyak 60 buah. Pemberian nama Lokomata sendiri karena batuan alam ini dipahat dengan bentuk menyerupai kepala manusia. Tempat ini dulunya dijadikan sarang oleh burung dengan warna bulu yang begitu indah dengan kicaunya yang terkadang menyeramkan terkadang begitu merdu.

Di bawah Lokomata Tana Toraja Anda akan menemukan sungai kecil dengan arus yang cukup deras. Sungai ini terletak di Desa Pangden dengan jarak tempuh kira-kira 30 kilometer dari kota Rantepao. Sungguh keindahan alam dan tempat pemakaman yang menyingkap misteri yang begitu luar biasa. Unik dan menggelitik berkunjung secara langsung untuk merasakan nilai-nilai budayanya. Siapkan mental kekaguman Anda ketika berada di tempat sejarah ini.Klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *