Media Belajar Internet Gratis

Mari belajar mandiri dan Salurkan Hobimu melalui media internet

Home - Liburan - Spesies Khas Raja Ampat Yang Cukup Mempesona

Spesies Khas Raja Ampat Yang Cukup Mempesona

Posted on April 1, 2017 in Liburan

Raja ampat merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia bagian timur yang cukup terkenal bahkan kepopulerannya hingga ke beberapa Negara di belahan dunia. Raja ampat dikenal akan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Bahkan keindahan bawah lautnya pun diakui sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Keindahan bawah lautnya pun memiliki beragam spesies yang bervariasi bahkan cukup langka di dunia yang hanya ditemukan di raja ampat. Nah untuk mengenali beragam spesies raja ampat, berikut ini beberapa yang dapat dijelaskan.

Setidaknya Indonesia memiliki sekitar 70 spesies asli yang tersebar di seluruh nusantara. Beberapa diantaranya bisa ditemukan dengan mudah dan beberapa diantaranya sangat sulit untuk ditemukan. Salah satu tempat yang mudah untuk kita temukan satwa asli Indonesia adalah di raja ampat, Papua barat. Disini banyak sekali terdapat hewan yang sangat khas. Ada beberapa spesies khas raja ampat yang yang jinak namun tidak sedikit yang tidak terlalu akrab dengan manusia dan menghindar saat ditemukan. Hal ini dikarenakan sifat liarnya yang masih sangat terjaga.

Beberapa spesies khas raja ampat yang berada dilautan dapat anda lihat tanpa harus menyelam kedalamnya pada saat air laut sedang surut dan jernih. Bahkan tidak hanya hewan saja, anda juga dapat melihat tumbuhan laut yang berada di dalamnya. Pada saat keadaan surut inilah banyak warga yang memanfaatkannya untuk berburu hewan laut maupun tumbuhan laut. Namun tentunya akan membutuhkan tenaga yang cukup ekstra pada saat proses pemburuan. Salah satu hewan khas yang cukup terkenal adalah kalibia yang memiliki nama latin Hemiscyllium Freycineti. Bentuknya memang mungil dan silindirs hingga ke bagian ekornya.

Salah satu spesies khas raja ampat lainnya merupakan burung cendrawasih. Untuk ukuran tubuh burung jantan dewasa dapat mencapai 70 cm. burung cendrawasih merupakan salah satu ikon papua yang cukup terkenal dan dilindungi. Selain itu terdapat pula jenis ikan hiu karpet di perairan raja ampat. Jenis hiu ini hidup di kedalaman 20 meter sehingga kemungkinan akan sulit anda temukan. Hiu ini cukup unik karena bentuknya yang berbeda dengan jenis hiu pada umumnya. Hiu ini berbentuk seperti rumbai rumbai karpet dengan warnanya yang kecoklatan sehingga hiu ini dapat berkamuflase sempurna diantara terumbu-terumbu karang. Selain itu, masih banyak lainnya spesies khas raja ampat yang dapat anda temukan baik di perairan hingga di daratan. Hal inilah yang menjadikan kawasan raja ampat begitu popular hingga ke dunia. Nah itu tadi beberapa spesies yang terdapat di raja ampat. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *