Media Belajar Internet Gratis

Mari belajar mandiri dan Salurkan Hobimu melalui media internet

Home - Business & Finance - Struktur Yang Digunakan Untuk Recovery Data

Struktur Yang Digunakan Untuk Recovery Data

Posted on May 6, 2017 in Business & Finance Teknologi

jasa recovery data

Pada saat terjadi kerusakan pada hard disk yang Anda miliki tentu anda akan merasa panic karena ada data-data penting di dalamnya. Jika Anda mempunyai keahlian untuk merecovery data tersebut Anda bisa memperbaikinya sendiri, namun jika tidak, sebenarnya ada banyak jasa recovery data, dan snapy.co.id salah satunya. Selain terpercaya, situs ini memberikan kemudahan bagi anda yang malas untuk mencari tempat jasa untuk merecovery data. Anda cukup mengunjungi situs tersebut dan ikuti petunjuknya. Berbicara tentang recovery database, maka Anda tidak akan lepas dengan struktur database. Struktur ini dirancang secara khusus untuk menunjang fasilitas ini.

jasa recovery data

Database Oracle sebenarnya memiliki struktur sebagai berikut :

  • File data

Menyimpan semua data yang ada dalam database. Objek skema seperti tabel, index, dan sebagainya secara fisik tersimpan dalam file ini.

  • File Control

Menyimpan struktur fisik dari database seperti nama database, nama dan lokasi file data dalam redo log dan sebagainya. File kontrol ini berrindak seperti header dan database.Tanpa file ini, Anda tidak pernah bisa melakukan startup database.

  • File Redo log

Menyimpan semua perubahan yang terjadi pada database.

File inilah yang nantinya digunakan dalam proses recovery. Ketiga file tersebut menunjukkan struktur fisik dari database yang disimpan dalam file sistem operasi. Selain ketiga file terrsebut, sebenarnya masih terdapat satu buah file yang bernama file parameter yang berisi semua parameter yang menentukan unjuk kerja dari database Oracle. Sedangkan untuk struktur logika database Oracle ditunjukkan oleh tablespace, segmen, extent serta objek skema yang tersimpan di dalamnya. Struktur logika ini seolah memetakan file data dari database. Pada umumnya user hanya berhubungan dengan struktur fisik database. Struktur fisik (file data, kontrol dan redo log) biasanya hanya digunakan oleh DBA untuk tujuan tertentu seperti saat melakukan backup dan recovery serta mengalokasikan user pada lokasi penyimpanan tertentu.

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah database secara logika mempunyai sejumlah tablespace yang secara fisik disimpan dalam file data. Tablespace ini dapat Anda gunakan untuk mengatur pemakaian ruang dalam disk, mengatur availibility data pada tablespace tertentu, untuk melakukan partial backup serta mengalokasikan penyimpanan data dalam disk yang berbeda guna meningkatkan unjuk kerja database. Dalam pemakaiannya, tablespace ini masih dibagi lagi menjadi beberapa tingkat unit penyimpanan secara logika, yaitu segment, extent, dan blok data. Blok data merupakan unit terkecil, extent merupakan sekumpulan blok dan segmen merupakan sekumpulan extent.

Diatas kami jelaskan secara singkat struktur yang digunakan untuk merecovery. Ilmu ini bisa anda aplikasikan dan terapkan ketika merecovery sebuah data yang ada pada hard disk atau jika anda menggunakan jasa recovery data setidaknya anda faham hal struktur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *